Cara Membuat Slow Motion Pada Video Di Camtasia Studio 8

Slow motion adalah sebuah kreasi video yang mana di beberapa adegannya ditampilkan secara melambat (slow), hal ini bertujuan untuk menampilkan detail adegan dari video tersebut. Dengan kata lain,  Slow motion adalah efek manipulasi kecepatan video atau gambar. Biasanya, slow motion digunakan untuk acara olahraga yang menampilkan detail sudut yang sulit dijangkau mata, atau untuk menampilakn gerakan ulang. Selain itu, slow motion digunakan untuk efek adegan lambat di dalam film.

Pada contoh ini, akan dibahas membuat slow motion video pada sebuah kejuaraan Moto GP. video yang akan di edit  menjadi slow motion di ambil dari official Youtube Moto GP di http://www.youtube.com/user/MotoGP.

Tahap Melakukan  Editing Video 
Untuk membuat slow motion pada sebuah video, langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Masukkan video, lalu drag ke dalam track Camtasia.
Memasukkan Video ke dalam Track Camtasia
2. Ketika memasukkan video kedalam track, akan muncul jendela untuk mengatur dimensi video, pilih sesuai dengan pilihan, dan klik OK untuk menyimpan hasil perubahan.
Menentukan Dimensi Video
3. Langkah selanjutnya, kamu dapat melihat pada layar preview bagian mana saja yang akan di buat slow motion, jika sudah menentukannya berikan pembatas awal, dan akhirnya menggunakan jarum selected preview.
Tampilan layar video camtasia
Menentukan bagian yang akan dibuat slow motion
4. lalu kamu dapaat memotong pada bagian yang telah diberikan batas tadi  menggunakan tombol Split. Potong pada bagian awal ( arahkan jarum selected preview dibagian awal pembatas) dan  baghian akhir (arahkan jarum selected preview di bagian akhir pembatas).
Memotong bagian awal
Memotong bagian akhir pembatas
5. Jika langkah di atas sudah dilakukan, maka di dalam track akan ada potongan video yang nantinya akan diedit untuk dijadikan slow motion.
Bagian video yang sudah terpotong
6. Berikan jarak yang agak lebar antara video asli dengan video yang telah dipotong. Hal ini untuk memberi ruang pelebaran durasi pada video yang akan dibuat slow motion. Lalu, klik kanan pada video yang dipotong tadi, pilih Clip Speed.
Memberikan jarak dan membuka Clip Speed
7. Akan ditampilkan kotak dialog Clip Speed. kamu dapat perhatikan pada Original Duration dan New Duration durasinya masih sama, yang menunjukkan bahwa durasi video masih normal belum ada perubahan. Untuk mendapatkan efek slow motion, kamu dapat perlambat durasi video dengan cara memperkecil persentase, misalkan saja 50%. Klok OK untuk menyimpan hasil perubahan.
Tampilan Clip Speed masih original
Merubah durasi menjadi lebih panjang (slow motion)
8. Lalu kamu gabungkan potongan video dengan video aslinya, hal ini untuk mengembalikan lagi video menjadi satu kesatuan. kamu dapat melihat di layar preview, ketika jarum timeline melewati potongan video yang telah mendapatkan efek slow motion, maka gerakan video akan menjadi lambat dan itulah yang disebut dengan slow motion.
Menggabungkan lagi video asli dengan video yang dipotong
jadi begitulah tutorial singkat dalam cara membuat slow motion video di Camtasia Studio 8, semoga dapat bermanfaat buat kamu semua.. silahkan di like dan share artikel ini :)

0 Response to "Cara Membuat Slow Motion Pada Video Di Camtasia Studio 8"