Manfaat Buah Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tidak kenal dengan buah jeruk nipis satu ini.. Berbagai macam manfaat yang terkandung di dalam jeruk nipis untuk kesehatan maupun untuk kecantikan alami. sesuai namanya buah ini juga masih kerabat dari berbagai macam jeruk. Sama sama berbentuk bulat, tapi ukuran jeruk nipis tergolong kecil dibandingkan kerabatnya yang lain. Tapi dalam tubuhnya yang memang berukuran lebih kecil, jeruk nipis justru lebih memiliki kandungan vitamin C yang jauh lebih tinggi daripada jeruk jeruk yang lainnya. Selain itu Jeruk nipis juga mengandung zat fosfor, besi, sulfur, mineral, kalsium, asam sitrun, karbohidrat, dan berbagai zat asam yang lainnya.


Manfaat Jeruk Nipis Untuk Pengobatan
Selain sebagai pelangsing tubuh jeruk nipis juga memiliki beberapa manfaat yang tidak kalah penting, diantaranya, 
  1. Gangguan Pencernaan - Merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan
  2. Untuk Diabetes - Mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius untuk penderita diabetes. Banyak obat herbal diabetes yang terbuat dari jeruk nipis.
  3. Penyakit Jantung - Pencegah yang dikenal terhadap penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.
  4. Dapat membantu mengatasi rasa sesak dan mual hanya dengan mencium aromanya saja
  5. Dapat digunakan untuk sejumlah isu peradangan.
  6. Mengatasi Demam
  7. Jeruk nipis dapat membantu mencegah Asam Urat
  8. Jeruk nipis juga membantu menyembuhkan infeksi pada sistem kemih / Gangguan Kemih.
  9. Anti Kanker 
  10. Obat Batuk - Air perasan jeruk nipis, kemudian ditambah gula batu, lalu di aduk sampa rata. Diminum 1 kali sehari sampai sipenderita sembuh.
  11. Mengatasi Haid Kurang Lancar – Siapkan 3 sendok makan air jeruk nipis, tambahkan satu sendok makan madu dan seduh dengan 2 gelas air panas. Minum selagi hangat, 3 kali sehari.
  12. Mengurangi Vertigo - Haluskan setengah genggam daun jeruk nipis, ditambah 1 sendok air jeruk nipis. Balurkan pada tengkuk, dahi, dan pelipis 2 kali sehari.
  13. Menghilangkan Panu dan Kurap – Bersihkan segenggam akar landep dan tumbuk halus. Tambahkan air perasan jeruk nipis dan aduk rata. Gosokkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu. Gunakan perban untuk membalut luka. Gantilah perban 2 kali sehari sampai sembuh.
  14. Memutihkan kulit wajah, 
  15. Mengobati Ambeien, 
  16. Mengobati Amandel, 
  17. Mengobati Anyang-anyangan, 
  18. Menghilangkan Bau Badan, 
  19. Mengobati Batu Ginjal, 
  20. Mengobati Difteri, 
  21. Meredakan Demam atau Flu, 
  22. Melancarkan Haid Tidak Teratur, 
  23. Menghilangkan Jerawat, 
  24. Mencegah Rambut Rontok atau berketombe, 
  25. Menghentikan kebiasaan merokok, 
  26. Melebatkan rambut, 
  27. Mengobati vertigo,  
  28. Menghilangkan lendir di tenggorokan, 
  29. Menyembuhkan radang tenggorokan, 
  30. Mengobati kurap atau panu, 
  31. Meredakan demam/panas saat malaria. 
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Obat Pelangsing Cara untuk mengolahnya adalah dengan cara :

  • Ambil 2-3 buah jeruk nipis, atau bergantung pada selera dan kebutuhan tubuh anda
  • Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian, setelah itu peras. 
  • seduh ke dalam segelas air putih atau sekitar 200cc. boleh dingin, atau hangat. Tetapi sebenarnya air dingin akan lebih awet menyimpan kasiat dari jeruk nipis. 
  • Setelah diseduh, sebaiknya air seduhan jeruk nipis ini langsung diminum. karena kandungan Vitamin C dari buah ini akan cepat menguap saat sudah terkontaminasi. Jika ini terjadi makan minuman yang di olah tadi akan percuma, karena kandungan jeruk nipis akan berkurang atau bahkan hilang. Mungkin bagi yang belum terbiasa, rasa minuman ini akan sedikit aneh, dan merupakan hal yang cukup berat untuk dapat segera menenggak habis minuman ini.
  • Agar rasa yang diciptakan lebih enak dan menggoda, anda bisa menambahkan sedikit penambah rasa, seperti madu, sirup, atau gula. Tapi inggat, bila mencampurkan bahan yang mengandung gula atau pemanis, harus sesuai takaran yang umum atau dibawahnya. 
  • Lakukan meminum ini dengan 2 kali sehari setiap pagi sekitar setengah jam sebelum memulai sarapan pagi dan malam hari sekitar 1 jam sebelum kita beranjak tidur.

Dengan beberapa model variasi, penambahan teh hijau di dalamnya juga cukup menggoda dan berkasiat tinggi untuk di coba. Untuk pengkonsumsian rutin setiap hari sebaiknya tetap di beri jeda 1 hari dalam beberapa kali pengkonsumsian. Karena kadar asam yang terkandung dalam jeruk nipis cukup kuat. Selama penjedaan terjadi, tubuh akan beradaptasi dan membentuk anti bodi serta sistem imun pada tubuh

cara olahannya pun bisa disamakan, karena memang cara terbaik adalah dengan diseduh dengan air.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit
Buah jeruk dikenal karena efeknya yang menguntungkan pada kulit. Air jeruk nipis, apakah dikonsumsi langsung atau dioleskan memberikan manfaat berikut pada kulit :
  1. Menjaga Kelembaban Alami Kulit – Air perasaan dari jeruk nipis ditambah dengan manfaat putih telur dapat dijadikan masker jeruk nipis, untuk mempertahankan kelembapan kulit.
  2. Mengatasi Pori-pori Membesar
  3. Mengecangkan Pori-pori 
  4. Mengatasi Flek Hitam - Yang perlu dilakukan adalah mencampur tepung dengan menambahkan beberapa air jeruk nipis ke dalam campurannya. Oleskan pasta ini secara merata pada kulit dan biarkan hingga kering. Cuci muka dengan air dan keringkan. Perawatan wajah ini harus dilakukan setiap minggu untuk hasil yang lebih baik.
  5. Kulit Bersinar atau Bercahaya - yang perlu dilakukan siapkan segelas air hangat yang telah dicampur madu dan perasan jeruk nipis dan oleskan pada kulit, lakukan setiap pagi secara teratur. Hal ini akan memberikan cahaya alami pada kulit.
  6. Mengangkat Kulit Mati – Asam sitrat yang terkandung dalam kulit jeruk nipis berguna untuk mengangkat/mengelupaskan kulit mati.
  7. Mengatasi Jerawat dan Bekas Noda – Lakukan dengan memijat bagian kulit wajah dengan air jeruk nipis segar.
  8. Anti Penuaan - dapat dilakukan dengan mengupas jeruk nipis dan gosok pada kulit dan juga bisa dengan terapkan masker alami dengan kulit jeruk nipis, yang secara signifikan mengurangi pigmentasi berlebihan.
  9. Menghilangkan Noda Hitam - Jeruk nipis dapat digunakan untuk meringankan bintik-bintik gelap. Berikut cara menerapkannya:
  • Ambil air jeruk nipis yang telah di peras dan basahkan pada kapas lalu oleskan ke bagian noda hitam atau bintik-bintik gelap pada kulit dan biarkan selama 30 menit.
  • Saat penggunaan pastikan terhindari dari kontak langsung dengan sinar matahari, dikarenakan air jeruk nipis dapat membuat kulit sensitif terhadap cahaya sinar matahari.
  • Disarankan untuk menerapkan tabir surya sebelum keluar rumah.
Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
Jeruk nipis bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini telah digunakan untuk mengobati kebotakan, rambut menipis dan kerontokan rambut masalah untuk usia sekarang. Nutrisi utama yang mendorong pertumbuhan rambut adalah vitamin C, yang hadir dalam jeruk nipis dalam jumlah besar. Air jeruk nipis dapat digunakan untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

2. Membuat Rambut berkilau – Lakukan dengan mencampurkan Air jeruk nipis bersama dengan madu dan campuran minyak zaitun sebelum mencuci rambut, dapat memberikan kilau rambut alami.

3. Mencerahkan warna rambut - Yang perlu diakukan adalah dengan menerapkan air jeruk nipis pada rambut dan duduk di bawah sinar matahari selama satu jam atau mengekspos rambut pada sinar matahari. Kemudian, bilas rambut. Treatment ini akan membuat rambut menjadi lebih cerah.

4. Menghilangkan Ketombe dan Mengatasi Rambut Rontok - Cara penggunaannya : Basuhlah rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih, dianjurkan untuk membilas rambut dengan sampo yang mengandung jeruk nipis, untuk menambah kesegaran.

0 Response to "Manfaat Buah Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan"