Langkah dasar sebelum membuat blog

Assalamu'alaikum,wr.wb.
selamat datang para blogger pemula.. "ciaelllaaahhhh.." sok ngomong blogger pemula, yang ngomong aja lebih lebih pemula lagi :ngakak .okelah klo begitu, hari ini saya akan nambah postingan lagi dah. postingan kali ini saya pelajari dari pak Darmawan. dan saya juga tidak ingin pelajaran yang di dapat berhenti di diri saya saja.
seperti judul di atas Langkah dasar sebelum membuat blog  ini adalah dasar yang harus dimiliki seorang blogger. agar blog yang dijalankan tadi tidak berhenti ditengah jalan.. lho, kok berhenti? banyak alasan yang timbul dari pertanyaan tersebut.

       yah.. kalau cuma membuat blog sih gampangggg bener, anak SD juga bisa. tapi, membuat blog tersebut menjadi sukses tu tidak segampang mendaftarnya. banyak sekali pemula seperti saya ini berambisi membuat blog karna "Uang". yah tidak salah juga sih.. namanya juga usaha :cool
sudahlah basa basinya, kita lanjut ke topik utamanya. semoga setelah temen2 selesai membacanya. temen temen bisa menerapkannya di blog blog kesayangngan kalian semua

sebelumnya saya mau sampaikan, bukan menakut nakuti sih.. cuma mau ngasih shock terapi aja :ngakak :ngacir
tidak sedikit, bahkan sangat banyak para blogger yang gagal setelah 1-3 bulan pertama, namun ada sebagian yang sukses juga.
ditanya kenapa?? U memng Mild dah.. tentu saja karna :

  • asal asalan
  • topik cambur aduk macam gado gado
  • konten tidak berkualitas.. kebanyakan pasang iklan seperti pasar ikan
  • mempromosi blognya sangat tidak jelas. kacau baliho lah pokok'ee
  • krna pengunjung sepi akhirnya merasa bosan dengan keadaan blog nya yang memperihatinkan. akhirnya "Gulung tikar"
"Intinya, tanpa perencanaan yang matang semua akan gagal"

1. Persiapkan Tema/Topik utama yang temen2 kuasai
    Ingat, semua topik bisa menghasilkan. asallll konten yang temen-temen buat bisa menarik perhatian pengunjung.
 Tips : jauhi konten-konten yang dapat mendatangkan permasalahan hukum. saya contohkan seperti MP3, Film, Konten Dewasa dll.

2. Tentukan Platform yang mudah ada fahami
    Disini saya beri beberapa platform yang tersedia dan biasa banyak digunakan oleh para blogger.
  • Blogger.com - Hosted (hosted mempunyai arti bukan blog "Hak Milik" kita bisa disebut "Numpang" di website mereka. dan nama alamat web kita jadi panjang seperti punya saya ini Cungkriengblog.blogspot.co.id
  • WordPress.org - Self-Hosted (Self-Hosted itu kebalikan dari Hosted sendiri. keita membuat website sendiri dengan platform bernama WordPress. Website tersebut akan menjadi 100% milik kita, akan tetapi kita harus mengeluarkan biaya nama domain dan hostingnya.) Karena sangat fleksibel, WordPress self-hosted juga sering sekali digunakan untuk tujuan yang lebih daripada sekedar blog. contoh jualan online, bisnis, komunitas dan banyak lagi kelebihannya. 
berikut penjelasan Gambar tentang Hosted dan Self-Hosted
Sumber : PanduanIM.com 
Bagaimana??? Sudah jelas? jadi sudah punya bayangan untuk memilih yang mana? 
pasti untuk awal milih yang gratis kan?? terus masih bingung milih Blogger apa WordPress? :bingung

mari kita ulas sedikit :
  • untuk tampilan dasar tanpa diubah apa pun.. worpress tebih unggul
  • kemudahan penggunaan, menurut saya sama saja sih, beberapa hari penggunaan juga bakal terbiasa;
  • Fitur : belogger masih dibatasi, maksimal 1MB dalam satu postingan, jadi tidak bisa taruk banyak banyak gambar di postingan/artikel.
  • untuk monetisasi iklan : blogger lebih unggul, krna mendukung GoogleAdsanse (bagi pemburu dollar) krna blogger.com merupakan anak perusahaan dari Google. 
  • sedangkan WordPress iklan dari Advertising networking (adsenses  sejenisnya) tidak di ijinkan. tapi wordpress di injinkan menyediakan slot iklan,  sponsor post juga boleh. jika sudah cukup populer, anda bisa memasang WordAds (sejenis AdSense, milik WordPress).
 yup... saya rasa cukup sekian untuk tutorial Langkah dasar sebelum membuat blog semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian. 
lebih dan kurang saya mohon maaf sebesar besarnya..

jika ada kritik dan saran, tolong cantumkan kolom komentar anda di bawah
:cendol :cendol  

2 Responses to "Langkah dasar sebelum membuat blog"

  1. artikelnya bagus
    saya kasih cendol deh.. :cendol

    BalasHapus
  2. terima kasih untuk infonya
    bermanfaat sekali buat saya

    http://obatuntukkutilkelamin1.blogspot.co.id/2016/05/obat-kutil-kelmin-ampuh.html

    BalasHapus